Halaman

Senin, 09 Februari 2009

Pertempuran Memanas (6)

Tidak ada yang sanggup membahas morphology dalam draf novel ilmiahnya. Karena sangat sulit. Ya iyalah, mempelajari word. Akupun tak tahu apa yang harus aku lakukan, karena tak menemukan referensi yang pas, ada sedikit yang kutemukan di internet, selebihnya menekuni buku teks morphology yang sangat langka dan bahasanya, amboii terlalu inggris baku. Aku sampai sakit gigi memahaminya! Pasalnya aku tak paham. Sebuah awal yang sulit!

Akhirnya pertolongan datang, seorang teman memberikan referensi yang pas banget dengan yang ingin kucari. Referensi itu berasal dari thesis temannya di universitas Gunadarma, Jakarta. (Vey, I luv u so much)

Akhir April kuserahkan draft pertamaku pada Mr. Good. Bagai malam dan siang deh perbedaan Mr. Good dan Mr. Tango! Aku tak lagi merasa mules atau panas dingin jika ingin bimbingan, tak ada bentakan dan tak ada kata-kata kasar. Dan aku hanya menyerahkan draf 3x, pertengahan Mei aku mendapat persetujuan seminar. Tapi Mr. Low belum Acc, ia ingin draft novelku benar-benar menggunakan bahasa akademik. Alhasil aku baru bisa seminar akhir Juni. Dan di seminar itu, tak ada yang berhasil membantaiku, semua bisa kujawab dengan mudah. Entah mengapa aku merasa paham dengan novelku sejak itu. Dan sungguh mengejutkan Mrs. Perfect diajukan untuk menjadi interaterku oleh para lecturer. Namun dijawab dengan canda oleh Mrs. Perfect, jika aku sanggup membayarnya. Hikz..aku manyun!

Oh ya, satu lagi Dr. Sleep (karena ia selalu terlihat mengantuk, layaknya professor difilm2 yang menggunakan kacamata dan kepalanya hampir botak semua, karena kebanyakan belajar) menanyakan mengapa aku menggunakan kata reseacher, bukannya writer dalam draft novel ilmiahku? Waduh seingatku dulu, yang menganjurkan menggunakan kata researcher adalah Mr. Tango! Dasar Tango, menyesatkan! Ternyata researcher digunakan untuk seorang yang sudah ahli dan pekerjaannya memang meneliti, sementara aku kan bukan ahli morphology jadi lebih baik menggunakan writer. Olala, gitu toh?!

Juli, sekolah libur. So aku tak bisa melakukan penelitian. Jadi aku rehat sementara sambil mengurus visa ku di universitas yang hanya bisa diperpanjang sampai bulan desember 2008. Jika aku belum juga selesai, maka aku akan dideportasi!

Agustus is coming… penelitian!
After that, Olah Data!
Aku tak jadi meminta Mrs. Perfect untuk menjadi interaterku, tak sanggup membayarnya. Emang sih aku tidak bertanya berapa bayarannya? Atau mungkin ia mau membantu tanpa dibayar? Aaah imposible, aku tak mungkin bisa melakukan hal itu. Setidaknya aku harus memberinya kompensasi. Memberi sedikit tak enak, memberi banyak ku tak sanggup. Akhirnya kuminta bantuan 2 teman saja untuk menjadi interaterku. Dua? Hehe,..yang nyata. Yang tersembuyi banyak boo… thanks banget tuk Mrs. Lela and Miss.Endang yang bersedia meluangkan waktu selama berminggu2 untuk memelototi 9000 kata yang harus aku teliti. Thanks tuk Mr. Sinchan yang rela istrinya kusibukkan dengan data-dataku. Thanks tuk Miss.Vey, walau jauh di Jakarta kau bersedia jadi interater via sms dan telpon (habis berapa ya bu?) and thanks untuk diriku yang telah berjuang sekuat tenaga. Ciyeeee…

Awal September penyerahan draft hasil!
Berita mengejutkan Mr. Good akan menunaikan rukun islam yang kelima, naik haji ke tanah suci Mekah. Duuuuuuuuh, aku kan lum seminar hasil, belum kompre. Gimana neh? Desember deadline! Mr. Low Profile sibuk mengurus PLPG (sertifikasi untuk guru-guru)

Akhir September Mr. Good memberikan Acc untuk seminar hasil. Tapi aku belum bimbingan dengan Mr. Low Profile! Oktober libur Idul Fitri!

Wow, teman! aku tak tahu lagi jalan mana yang harus ku tempuh. Mendesak Mr. Low Profile untuk mempercepat Acc, itu tidak mungkin berhasil! Walau baik, Mr Low adalah sosok perfectionis and prosedural. Jika ia sedang tak mau diganggu, maka tak ada yang boleh mengganggunya. Akhirnya aku hanya bisa pasrah, berdoa pada Allah, meminta sebuah miracle diturunkan padaku dan tak lupa berusaha untuk selalu bisa menghadap Mr. Low setiap hari di jam-jam sibuknya.

24 september sampai 24 November (hari Form A) kunamakan dengan 60 hari mengejar wisuda!

Tidak ada komentar: